Rabu, 17 April 2013

Dahulukan Modal Usaha atau Menabung?

Saya punya rezeki tambahan sekitar Rp 20 juta, niatnya mau saya investasikan semua dalam bentuk tabungan atau reksadana untuk nantinya jadi biaya kuliah anak. Tapi suami saya ingin uang itu dijadikan modal usaha. Kira-kira mana yang lebih baik, ya?

Mila, Jakarta


Jawab:

Hai Mila!

Wah, Alhamdulillah ya ada rejeki tambahan. Jumlahnya pun cukup besar.

Niatnya sama-sama baik dengan menjadikan sebagai biaya kuliah anak atau untuk modal usaha. Mana yang lebih baik? Tergantung dari prioritas Mila dan suami. Namun saya sarankan, yang harus diingat adalah risiko.

Modal usaha bagaimanapun mengandung risiko: risiko gagal atau risiko tidak balik modal. Sedangkan dana pendidikan, jika kita tidak memulai dari sekarang, semakin menunda maka akan semakin besar pula dana pendidikan ke depannya (lebih lengkapnya lihat di kalkulator www.qmfinancial.com).

Jika memang modal usaha bukan prioritas Anda, lebih baik dialokasikan untuk dana pendidikan. Dan kalau pun modal usaha menjadi prioritas, saran saya, tetap sisihkan (meski sedikit) untuk investasi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menarik
Lucu
Keren