Senin, 29 Oktober 2012

Virus Pada Tumbuhan - Nama Nama Virus yang merugikan Tumbuhan

Nama Nama Virus yang merugikan Tumbuhan


Jenis jenis virus yang menyerang tumbuhan terdiri atas beberapa jenis. Beberapa di antaranya adalah, virus TMV, Virus Tungro, dan Virus CVPD

A. Virus TMV

Virus TMV atau yang kita kenal dengan sebutan Tobbacco Mozaik Virus merupakan jenis virus yang menyerang tanaman tembakau. Virus ini merusak sebagian besar d aun tembakau sehingga daun penuh dengan bercak kuning yang menyebar dan mengeluarkan cairan yang berupa getah. Virus ini tak hanya menyerang tembakau, melainkanjuga tanaman yang termasuk ke dalam anggota suku terung-terungan lain.

B. Reovirus

Para petani mengenal virus ini dengan sebutan tungro, yakni penyakit yang sering dialami tanaman padi yang paling berbahaya dan merugikan di kawasan Asia Tenggara. Penularan penyakit ini melalui virus yang dibawa oleh hama wereng coklat dan wereng hijau. Tanaman padi yang terserang penyakit ini akan menjadi kerdil dan memiliki sedikit bulir.

C. Virus CVPD

Virus Citrus Vein Phloem Degeneration merpakan jenis virus yang menyerang tanaman jeruk. Virus ini menyerang system degenerasi pembuluh tapis pada tanaman jeruk. Akibat dari serangan virus ini, tanaman jeruk yang sudah dua sampai tiga kali berbuah akan langsung mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menarik
Lucu
Keren